BSDE (Bumi Serpong Damai) melaporkan peningkatan 67% YOY pada laba bersih dan peningkatan significant pada net profit margin. Peningkatan pada laba bersih disebabkan oleh non cash transaction atas hasil penanaman saham pada PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) yang dicatatkan sebagai nilai investasi tersedia untuk dijual. Pada 2013, BSDE membeli saham PLIN sebanyak 291 juta lembar saham dengan persentase kepemilikan sebesar 8.23%.  

Pada bulan April 2014, Perusahaan kembali membeli 922 juta lembar saham PLIN dengan total transaksi sebesar Rp 2.03  triliun dengan persentase  kepemilikan sebesar 34.22%. Pada Juni 2014, nilai pasar saham PLIN naik menjadi 2600 per lembar saham dari harga pembelian Rp 2200 per lembar saham, sehingga BSDE mencatat laba belum direalisasi (unrealized gain) atas kenaikan nilai PLIN. Kepemilikan BSDE atas PLIN, diproyeksikan mampu mendorong pertumbuhan diversifikasi pendapatan dan menambah pendapatan berulang (recurring income), merupakan katalis positive untuk BSDE kedepannya.
 
Terlepas dari non operating income tersebut, Perusahaan membukukan laba bersih sebesar Rp 982 milyar, pencapaian sebesar 40% dari target consesnsus Bloomberg untuk target laba bersih 2014. 

Dari sisi penjualan, BSDE melaporkan penurunan penjualan sebesar 16% YOY menjadi Rp 2.42 triliun. Namun, penurunan penjualan terjadi akibat penjualan 2013 sebesar Rp 2.9 triliun juga di dukung oleh penjualan lahan kepada Hongkong Land, AEON Mall Jepang dan Dyandra. Terlepas dari penjualan lahan kepada ketiga mitra tersebut, penjualan 1H14, naik 53% didukung oleh penjualan property residential dan penjualan kapling.

BSDE masih merupakan saham pilihan utama kami untuk sektor property atas dasar posisi balance sheet dan landbank yang kuat. Posisi balance sheet yang kuat, selain memberikan ruang untuk memberikan stimulus in house bagi konsumen juga memberikan fleksibilitas kepada Perusahaan untuk menyusun langkah staregis dalam akuisisi lahan ataupun aset property lainnya untuk dikonsolidasikan dibawah manajemen BSDE.

Saham BSDE diperdagangkan dengan pada harga 1640 pada penutupan perdagangan 14/08/14 melambangkan 12x14PE. Kami memberikan rekomendasi STRONG BUY dengan TP 1900, potensial upside sebesar 16%. 
 
Sumber: HP Analytics, melalui milis: KompilasiRiset@yahoogroups.com

Posting Komentar

 
Top