Semakin tingginya kepastian pemulihan kondisi ekonomi AS menimbulkan kekhawatiran sebagian besar investor global bahwa akan terjadi kembali repatriasi dana investasi menuju AS. Hal ini berpotensi terjadi apabila Fed menyatakan bahwa AS telah siap untuk menaikkan suku bunga.

Sementara di Eropa, konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina dapat menimbulkan dampak negatif lebih jauh terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan Eropa mengingat hubungan perdagangan Rusia dengan Eropa yang cukup signifikan.

Pertumbuhan ekonomi Asia yang tidak terlepas dari permintaan AS dan Eropa berpotensi belum pulih sepenuhnya apabila dalam waktu dekat pertumbuhan ekonomi dunia hanya dimotori oleh pulihnya AS.

Selain itu, kami berpendapat bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan bahwa China sudah sepenuhnya berhasil mereformasi struktur ekonomi mengingat masih terdapat tantangan pada sektor properti di negara tersebut.
Sehingga kami menilai bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan sangat bergantung pada realisasi kebijakan Pemerintah baru yang bersifat strategis dan bukan defensif.

IHSG kami perkirakan masing-masing akan mencapai level 5,500 (PE 19.1x) pada 2014 dan 6,000 (PE 18.2x) pada 2015 dengan asumsi tidak terjadi pengurangan subsidi BBM. Sedangkan jika subsidi BBM dikurangi, IHSG kami perkirakan akan mencapai level 5,950 (PE 18.0x) pada 2014 dan 6,350 (PE 15.6x) pada 2015.

Sumber: HP Analytics, melalui milis: KompilasiRiset@yahoogroups.com

Posting Komentar

 
Top