Sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki permintaan bahan makanan pokok seperti beras yang sangat besar. Berdasarkan International Rice Research Institute (IRRI), konsumsi beras Indonesia pada tahun 2010 berkisar lebih dari 139 kilogram per kapita per tahun dan merupakan yang tertinggi di dunia. IRRI memperkirakan bahwa Indonesia akan membutuhkan beras 38% lebih banyak dalam 25 tahun ke depan, yang berarti hasil rata-rata dari 4,6 ton per hektar harus meningkat menjadi lebih dari 6 ton per hektar untuk mengisi kekurangan beras. 

Menanggapi hal ini, kami melihat perusahaan yang mempunyai bisnis beras seperti Tiga Pilar Sejahtera Food (AISA) akan diuntungkan. Hal ini dikarenakan unit usaha beras AISA berkontribusi sebesar 58,2% dari total pendapatan pada akhir tahun 2013. 

Didirikan secara hukum pada tahun 1992, AISA beroperasi di bisnis makanan olahan, pengolahan beras, dan minyak kelapa sawit. Saat ini, perusahaan memiliki 5 pabrik pengolahan makanan, 3 pabrik pengolahan beras, dan 7 perkebunan kelapa sawit. Produk utama dari makanan olahan dan beras berupa mie kering, bihun kering, makanan ringan, biskuit, permen, dan beras yang telah dikemas. Produk-produk tersebut akan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui 266 distributor dengan 154.912 outlet. Perseroan memiliki beberapa merek terkenal seperti Taro, Mie Ayam 2 Telor, Superior, Mie Kremezz, Gulas, beras Ayam Jago, dan masih banyak lagi. Pada tahun ini, AISA berencana untuk mengembangkan beberapa produk baru yang terkait dengan produk makanan pokok dan konsumsi.

Saat ini, AISA diperdagangkan pada forward P/E sebesar 17,4x, yang relatif lebih rendah dibandingkan Jakarta Stock Exchange Consumer Goods Index (JAKCONS Index) yang berada di level 26,2x. Selain itu, perseroan juga diperdagangkan pada forward P/B sebesar 3,1x, yang juga lebih rendah dari JAKCONS Index (5,9x). Dilihat dari valuasinya, kami menyarankan para investor untuk mempertimbangkan saham AISA sebagai investasi jangka panjang. 

Sumber: Embun Pagi, Research Team, PT. Daewoo Securities, melalui milis:
KompilasiRiset@yahoogroups.com

Posting Komentar

 
Top