Berikut Trading Report kami terhadap saham-saham DES (Daftar Efek Syariah) atau ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) selama bulan Desember 2016.

Sejak kami melaporkan hasil trading di blog ini, untuk pertama kalinya kami melaporkan underperform terhadap benchmark IHSG dan ISSI. Realisasi kerugian trading kami terhadap saham ISSI/DES pada bulan Desember 2016 sebesar -0.5%, sedangkan IHSG +2.86% dan ISSI +1.23%.  

Kondisi lebih dikarenakan kami sedang mencoba strategi baru yang lebih bersifat pasif dan tampaknya kurang berjalan sesuai harapan, meskipun kami juga menyadari bahwa hampir mustahil untuk outperform secara terus-menerus terhadap IHSG dan ISSI. Kondisi underperform ini kemungkinan akan berlanjut di bulan Januari 2017 mengingat masih ada sebagian posisi kerugian yang belum direalisasikan, untuk kemudian kami kembali ke strategi trading lama

Namun demikian, secara keseluruhan hasil trading kami pada Semester II 2016 masih di atas benchmark IHSG dan ISSI, dengan realisasi keuntungan sebesar +41.73%, dibandingkan IHSG +5.57% dan ISSI +3.70%.

Catatan:
Kami hanya mencantumkan profit/loss dari posisi yang sudah terealisasi (closed), yang perhitungannya sudah dengan memasukkan komponen biaya transaksi (broker fee). Adapun untuk posisi yang masih open (unrealized gain/loss), maka sengaja tidak kami cantumkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  










Posting Komentar

 
Top